Merah Putih Juara Umum Asian Beach Games


BALI - Usai sudah pesta Asian Beach Games (ABG). Even yang diikuti 45 negara dan berlangsung sejak�Sabtu (18/10) itu resmi ditutup di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Ungasan, Bali, tadi malam (26/10). Tuan rumah Indonesia mengukir sejarah sebagai tuan rumah dan juara umum.

Radar Bali (Jawa Pos Group) melaporkan, upacara penutupan berlangsung megah. Acara diawali dengan instrumen musik dari negara Timur Tengah yang merupakan penyambutan kepada Kota Muchat, Oman, sebagai tuan rumah ABG 2010 mendatang.

Setelah itu, dilanjutkan tari-tarian dari enam pulau besar di Indonesia. Yakni, tari sedati mewakili Pulau Sumatera, tari papatai dari Kalimantan, tari pagelu representasi Pulau Sulawesi, tari reog yang mewakili Jawa, tari pancang pedang melambangkan Papua, serta tari rejon yang merupakan lambang dari Pulau Bali.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada pidato penutupan mengatakan, ABG merupakan bukti bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah even berskala internasional. Selain itu, sukses yang diraih Indonesia sebagai juara umum membuktikan bahwa Indonesia bisa berbicara di dunia internasional. "Sudah lama Indonesia tidak merasakan gelar juara umum di even internasional. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua negara yang sudah berpartisipasi di even ini," ujar Kalla.

Dia juga memberikan apresiasi bagi perjuangan keras para atlet Indonesia sehingga mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Sukses sebagai juara umum ABG diharapkan berlanjut di even-even internasional selanjutnya. "Terima kasih kepada pemerintah Bali atas kerja samanya. Para sukarelawan yang sudah bekerja menyukseskan acara ini. Saya harapkan, ABG di Muschat, Oman, 2010 mendatang bisa berjalan lebih baik daripada even pertama ini," tambah Kalla.

Sementara itu, Timothy Fox, wakil presiden Olympic Council of Asia (OCA), mengungkapkan rasa salutnya atas antusiasme publik terhadap even tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rita Subowo, direktur ABG, dan Aburizal Bakrie, chairman ABG. "Terima kasih masyarakat Bali. Terima kasih kepada Aburizal Bakrie dan Rita Subowo. Semoga even ini benar-benar bisa menjadi inspirasi bagi dunia," papar Timothy.

Aburizal Bakrie yakin bahwa setelah ABG, persahabatan antara 45 negara di Asia akan semakin kukuh. Pria yang menjabat menteri perekonomian itu juga mengatakan bahwa ABG dapat meningkatkan antusiasme masyarakat luar untuk datang ke Indonesia
SUMBER : jawapos.com

0 Comments: